Tugas IBD A-C Beserta studi kasus

31 Mar

Nama  : Rangga Jati Rakasiwi

Kelas  : 1KA13

NPM   : 16112016

A.  Manusia dan kebudayaan

 

Manusia

Dipandang dari segi ilmu eksakta, manusia adalah kumpulan partikel atom, yang membentuk jaringan system yang dimiliki manusia ( ilmu kimia ). Manusia adalah kumpulan sistem fisik yang saling terkait dan merupakan kumpulan dari energi ( ilmu fisika). Manusia adalah makhluk biologis yang tergolong  dalam golongan makhluk mamalia (biologi). Dalam ilmu sosial, manusia adalah makhluk yang ingin memperoleh keuntungan dan memperhitunkan setiap kegiatan (ilmu ekonomi). Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa berdiri sendiri ( sosiologi ), makhluk yang ingin mempunyai kekuasaan ( politik ). Dan lain sebagainya

  1. Manusia terdiri dari empat unsur yang saling terkait, yaitu :
    1. Jasad, yang tampak pada manusia
    2. Hayat, mengandung unsure hidup
    3. Ruh, bekerja secara spiritual
    4. Nafs, Kesadaran tentang diri sendiri
  1. Manusia sebagai satu kepribadian yang memiliki 3 unsur, yaitu :
    1. Id. Merupakan libido murni atau energi psikis yang menunjukan ciri alami irrasional dan terkait masalah sex, yang secara instingtual menentukan proses ketidaksadaran
    2. Ego. seringkali disebut sebagai kepribadian “eksekutif” karena peranannya dalam menghubungkan energi Id ke dalam saluran sosial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
    3. Superego. superego terbentuk dari lingkungan eksternal. Jadi superego  menunjukkan pola aturan yang dalam derajat tertentu menghasilkan control diri melalui sistem imbalan dan hukuman yang terinternalisasi.

Dari uraian diatas dapat mengkaji aspek tindakan manusia  dengan analisa hubungan antara tindakan dan unsur-unsur manusia. Seringkali misalnya orang senang terhadap penyimpangan terhadap nilai-nilai masyarakat dapat diidentifikasi bahwa orang tersebut lebih dikendalikan oleh Id dibandingkan super-egonya. Atau orang yang berparas buruk dan bertubuh pendek berani tampil ke muka umum, dpat diterangkan dengan mengacu pada unsur nafs (kesadaran diri ) yang dimilikinya. Kesemuanya tersebut dapat digunakan sebagai alat analisa bagi tingkah laku manusia.

Hakekat Manusia         :

  1. Makhluk ciptaan tuhan terdiri dari tubuh dan jiwa
  2. Makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna
  3. Makhluk biokultural yaitu hayati yang budayawi
  4. Makhluk ciptaan tuhan yang mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya

Pengertian Kebudayaan

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, yang merumuskan bahwa kebudayaan adalah semua hasil dari karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, yang diperlukan manusia untuk menguasai alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabadikan untuk kepentingan masyarakat.

Rasa yang meliputi jiwa manusia mewujudkan segala norma dan nilai masyarakat yang perlu untuk mengatur masalah-masalah kemasyarakatan. Didalamnya termasuk agama, ideologi, kebatinan, kesenian dan semua unsur yang merupakan hasil ekspresi dan jiwa manusia.

Dari pengertian tersebut menunjukan bahwa kebudayaan itu merupakan keseluruhan dari pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial. Atas dasar itulah para ahli mengemukakan adanya unsur kebudayaan yang umumnya diperinci menjadi 7 unsur yaitu :

  1. Unsur religi
  2. Sistem kemasyarakatan
  3. Sistem peralatan
  4. Sistem mata pencaharian hidup
  5. Sistem bahasa
  6. Sistem pengetahuan
  7. Seni

Bertitik dari sistem inilah maka kebudayaan paling sedikit memiliki 3 wujud antara lain :

  1. Wujud sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, norma, peraturan dan sejenisnya
  2. Kebudayaan sebagai suatu kompleks ativitas kelauan berpola dari manusia dalam masyarakat
  3. Kebudayaan sebagai benda hasil karya manusia

Perubahan kebudayaaan pada dasarnya tidak lain dari para perubahan manusia yang hidup dalam masyarakat, yang menjadi wadah kebudayaan itu. Perubahan itu akibat dari perubahan masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan tersebut.

B.  Manusia dan Cinta Kasih

 

Pengertian Cinta Kasih

Cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan. Pengertian tentang dikemukakan oleh Dr. Sarlito. W.Sarwono. dikatakan bahwa cinta memiliki tiga unsure yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang.

Dalam kitab suci Al-Quran ditemui adanya fenomena cinta yang bersembunyi dalam jiwa manusia. Cinta memiliki 3 tingkatan yaitu tinggi, menengah dan rendah. Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada Allah, Rasullah dan berjihad dijalan allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri atau suami dan kerabat. Cinta tingkat rendah adanya cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.

Kasih Sayang

Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu

Kemesraan

            Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.

Pemujaaan

Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.

Belas Kasihan

            Cinta sesama ini diberikan istilah belas kasihan untuk membedakan antara cinta kepada orang tua, pria-wanita, cinta kepada Tuhan. Dalam cinta kepada sesame ini diberi istilah belas kasihan karena cinta disini bukan karena cakapnya, kayanya, cantiknya, melainkan karna penderitaannya

Studi Kasus

Pada hakekatnya manusia merupakan makhluk paling cerdas di bumi ini, karena dilahirkan mempunyai akal dan hati dan dapat merubah dunia. Sebagai contohnya, peradaban dunia akibat pola pikir dan hidup manusia, seperti perkembangan teknologi yg semakin canggih dan pesat. Namun manusiapun mempunyai sifat ketergantungan terhadap lingkungan sekitarnya. Manusia masih membutuhkan bantuan dari manusia lain, inilah yang disebut makhluk sosial.

Kepribadian Bangsa Timur
Tiap suku bangsa mempunyai ciri khas masing-masing. Berbicara tentang kepribadian, bangsa timur terkenal memegang banyak nilai. Apa itu? Untuk mengetahuinya, ayo kita simak baik-baik.

Hospitality
Sifat ramah dan hangat menjadi ciri khas budaya timur yang paling menonjol, Bangsa Asia dikenal pintar bersosialisasi karena sifatnya yang sangat peduli dan murah senyum, bahkan dengan orang lain sekalipun. Itu sebabnya industri pariwisata Asia terkesan full service dan lebih popular dibandingkan bangsa lain. Sehingga membuat turis menjadi merasa lebih diterima saat datang ke negara-negara Asia. “Orang Asia lebih peduli akan keadaan sekitarnya, dibandingkan orang Amerika dan Eropa yang hidupnya lebih individualis.” Menurut penelitian Universitas Michigan. Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah kelas fotografi. Orang Asia lebih mementingkan background dibandingkan orang Amerika yang lebih memfokuskan pada objek fotonya. Karena sifat ramahnya itu membuat orang Asia menjadi kurang bisa berbicara. Orang Asia terdengar terbelit-belit dalam berbicara karena kebanyakan basa-basi, dibandingkan orang barat yang langsung ke intinya.

Hardworking
Karena rajin, orang-orang Asia terkenal sebagai pekerja keras. Mempunyai motto “Work to live, not live to work.” Inilah alasannya mengapa bangsa barat senang menjalin kerjasama dengan orang Asia. Mereka salut dengan etos kerja kita yang gigih dan pantang menyerah. Keberhasilan ekonomi China yang bisa menjadi ancaman untuk Negara maju lainnya. Mungkin karena semangat kerja ini yang membuat banyak orang Asia menempati posisi penting di dunia. Salah satu contohnya adalah Ibu Sri Mulyani yang pernah menjadi menteri keuangan Indonesia yang sekarang jadi Managing Director di World Bank.

Religius&Well-cultured
Asia juga terkenal karena keragaman ras dan kebudayaan. Tidak hanya menang kuantitas, hal utama yang menjadi pedoman hidup orang Asia adalah tradisi dan agama. Karena keterikatan dengan adat dan budaya menjadikan pembatas individu-individu Asia untuk mencapai potensi maksimalnya.

Opini          :

Kepribadian bangsa timur patut menjadi teladan dan di amalkan ke kehidupan kita sehari-hari. Negara Indonesia cotohnya, Negara kita ini masyarakatnya masih mempunyai kepribadian bangsa timur seperti halnya dalam hal bantu-membantu antar warga yang sedang kesusahan, keramahannya, dan yang terpenting masih menjaga norma-norma terpuji, seperti anak-anak yang sopan terhadap orang yang lebih tua.

 

Referensi :

http://pradana-arya.blogspot.com/2011/03/tugas-ibd-c-beserta-studi-kasus.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: